Pacaran, Bentuk Ikhtiar Menemukan Jodoh !

Kamis, 06 November 2014

“Pacaran khan merupakan salah satu ikhtiar kita untuk mendapatkan jodoh…!!..Kalau kalian sech enak..ikut kajian..ikut Liqo’..ikut jama’ah..ada ustadz dan ustadzahnya yang bisa membantu.... Lah, kalau kita ?..mosok mau langsung lamar orang tanpa ada prolog dulu ?..ada ikhwan atau akhwat lewat..kita colek sambil bilang…”Eh, Nikah yuuukk ?!”..gak mungkin khan ? 

Pastilah kita akan menikah dengan orang yang kita sudah anggap cocok dan mengenal betul kepribadiannya…Nikah bukan masalah main-main pren !!...Kita mesti kenal bener siapa calon kita ?..dan bukankah pacaran adalah salah satu caranya ? 


Diiihh segithu ngototnya !..Sanggahan di atas memang ada benarnya…Nikah bukan urusan main-main...tetapi benarkah jalur yang ditempuh ? ..Argument itu hanya untuk membela diri semata.. Bagi orang yang telah meyakini bahwa perbuatannya adalah kebenaran ..pasti dia akan mencari cara untuk membela apa-apa yang diyakininya. 

Islam adalah agama yang sempurna..dan aturan-aturan yang ada di dalamnya baik yang disampaikan Allah lewat WahyuNya..ataupun melalui sunah NabiNya ..Sempurna...meliputi semua sisi kehidupan manusia. Jangankan masalah jodoh dan pernikahan..wong masalah duri di jalanan saja di atur di dalamnya lho !..Apalagi Nikah..yang sering di sebut sebagai setengah dari dien ini. 



Pernikahan menjadi sarana kita untuk mencapai derajat taqwa di depan Robb kita. Melalui ikatan itulah kita berharap generasi yang akan menjadi khalifah di muka bumi ini. Juga sering disebutkan ibadah yang dilakukan orang yang telah menikah nilainya lebih banyak di depan RabbNya. Dan juga..dengan ikatan pernikahan inilah ketenangan akan kita dapatkan. 


Pacaran yang sering diartikan sebagai awal pengenalan calon pasangan untuk menuju pernikahan dari segi apapun tidak dibenarkan dalam islam. Dalam prakteknya, hanya kemaksiatan yang kiat peroleh…Islam mengatur hubungan diantara ummatnya. 


“Dan janganlah kamu mendekati zina,sesungguhnya zina itu sesuatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk.” QS Al Isra’ :32 


Dan kita mudah sekali menangkap arti mendekati zina..bisa berupa memandang lawan jenis dengan pandangan syahwat…duduk berduaan bersepi-sepi dengan lawan jenis…ataupun bersentuhan kulit dengan lawan jenis yang bukan muhrim kita…Dan kita tahu pasti..Aktivitas Pacaran penuh dengan hal-hal semacam itu..Padahal Allah SWT juga Rosullulloh SAW dengan jelas telah memperingatkan kita…baik dalam ayat-ayat Al Qur’an dan juga Al Hadist. 



Akan dijawab dengan apakah ketika kita dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT…kenapa kamu lakukan Zina ..padahal Aku melarangnya ?..akankah kita akan menjawab..Risalah belum sampai kepada kita ?..Benarkah ? 


Zaman secanggih ini kita tidak mengetahui kalau hukum pacaran dalam Islam tidak diperbolehkan ?..masuklah ke toko buku buku dan lirik judul buku-buku yang berderet disana…pasti kita akan menemukan banyak judul yang mengupas tentang pacaran…dari yang berupa pertanyaan..Adakah Pacaran dalam Islam?..sampai judul yang to the point..tanpa tedeng aling-aling..PACARAN HARAM !!..pernahkan menemukannya ?..ataupun di internet..kita membuka situs-situs Muslim…sering kita temukan artikel yang mengupas maslah Zina dan hal-hal yang mendekatinya. 

Risalah telah sampai kepada kita..tetapi kenapa budaya pacaran semakin menjadi lumrah..bahkan disebagian orang…pacaran menjadi lambing prestise tersendiri…jawabannya karena ..Syetan tidak tidur…persis seperti apa yang dikatakan ibnul Qoyyim Al Jauziah …Sungguh..andaikan syetan itu tidur barang sejenakpun..niscaya kita bisa istirahat sejenak ! Syetan telah dikutuk oleh Allah SWT kekal didalam neraka. Dan Ia telah berjanji akan mencari teman sebanyak-banyaknya di dalam Neraka. 


Ia tiupkan ketenangan semu di dalam hati-hati kita..ketika kita telah memiliki Pacar. Kita dibuai ketenangan ..bahwa Ia bakal jodoh kita..padahal berapa banyak pasangan pacar yang tercerai setelah sekian tahun mereka bersama…bahkan sering sekali umur pacaran lebih panjang daripada usia pernikahan itu sendiri. 


Dan media setiap hari memprovokasi kita….Pacaran dijadikan ‘keharusan’ mengenal pasangan yang akan menikah…dan juga dijadikan lambang gengsi dalam pergaulan..Malah….ada anggapan kalau ada yang terlalu akrab dengan sesama jenis..dianggap tidak normal..bisa humbreng..ataupun lesbi…yang umum adalah mereka yang berlainan jenis…sungguh media telah meracuni kita. Dan kita tahu pasti media milik mereka(Yahudi dan Nasrani) yang memang menginginkan Pemuda Islam lemah..tidak bisa menjaga Izzahnya(harga diri)..Padahal Kebangkitan ummat ini berada ditangan Pemuda Pemudi Islam. 


Kalaupun ..dalam diri kita mampu untuk menghindari penyakit ummat yang bernama Pacaran..anehnya terkadang ada desakan dari orang tua..terutama Ibu…kenapa kita belum mempunyai pacar?....Orang tua seperti merasa tenang ketika anak gadisnya ada yang menginginkannya..makanya tidak heran justru merekalah yang mendorong anak-anaknya untuk berpacaran. 


Dalam sejarah permusuhan manusia dengan musuh besarnya..iblis laknatullah..seperti itu tidak aneh kita temukan…Iblis menggoda Nabi Ibrahim as untuk membatalkan menyembelih anaknya…melihat Ibrahim tidak bisa di goda..Ia beralih menggoda Ismail..dan si anakpun teguh seperti ayahandanya..apakah Iblis kehilangan akal ?..Ia gunakan Hajar..yang diharapkan dengan naluri keibuannya akan menghalangi niat Ibrahim menyembelih anaknya ! 


Memang seperti itulah syetan menggoda kita..seperti yang digambarkan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an..sungguh syetan akan menggoda kita dari arah depan.belakang..atas bawah..dan samping kita. 


Kita tidak perlu heran..akan kita temui..pemikiran yang aneh..sudah ikut kajian rutin keislaman tetapi masih saja terkena imbas dari virus Pacaran..saya yakin bukannya ia tidak tahu…tetapi memang syetan senantiasa meniup niupkan ketenangan semu di dalam hatinya...Dan Memang hanya orang-orang yang sabar dan bertaqwa kepada Allah SWT sajalah yang mampu mengadapi tipu daya syetan..karena seperti yang dikatakan oleh Allah..sesungguhnya tipu daya Syetan itu Lemah !!...kalo oleh Allah dikatakan tipudaya syetan itu lemah…sementara kita kalah...berarti alangkah lemahnya kita. 

Tidak sadarkah kita ?..kita sering menyaksikan begithu banyak penderitaan yang diakibatkan oleh Pacaran ini…Hamil di Luar Nikah….Kegelisahan…Kehilangan waktu..Uang..Tenaga..dan ketenangan jiwa !..tidak sms sehari saja..membuat kita menderita..kecemburuan ..Suudhzon ..dan perasaan lainnya yang jelas menyiksa kita…Benar sekali seperti apa yang di wahyukan Allah dalam firmaNya.. 


“Bekerja keras lagi Kepayahan….Memasuki Api Yang Sangat Panas (Neraka Jahanam)..(QS. Al Ghasyiah :3-4) 

Naudzubillahi min dhalik !! 

0 komentar:

Posting Komentar